Kamis, 05 Desember 2019

Sejarah Sikat Gigi

Sejarah sikat gigi 

    Berbagai alat untuk menyikat gigi telah diperkenalkan sejak lama. Tusuk gigi, serpihan linen, bulu burung sampai tulang pada hewan pernah dingunakan. Kemudaian dikenal juga namanya miswak atau siwak yang dibuat dari akar atau jerami dengan bahan tambahan bahan antiseptic. Ada juga yang menggosok gigi pakai kapur atau baking soda. 

    William Addis asal inggris adalah orang pertama yang menciptakan sikat gigi dalam jumlah yang banyak pada tahun 1780. Kemudian tahun 1850, H, N Wadsworth di Amerika mulai mempatenkan sikat gigi pertama kali sampai dibuat massal pada tahun 1885. Terus diciptakan sikat gigi dengan gagang dari tulang dengan permukaan yang dilubangi untuk dimasukkan bulu sikat. Alat ini dianggap kurang baik karena bakteri mudah melekat pada gagangnya, sulit dikeringkan dan bulu sikat mudah lepas. pentingnya menyikat gigi dengan baik baru di pakai di Amerika pada perang dunia ke dua, karena sebagian besar prajurit diwajibkan membersihkan giginya setiap hari. Kebiasaan ini dibawa pulang saat perang telah usai. Bulu sikat alamai dari bulu hewan digantikan dengan bahan sintetik, biasanya dari nilon. Pertama ditemukan oleh Dupont dan dijual pada 24 Februari 1938. 
    Sampai januari 2003, sikat gigi terpilih sebagai penemuan pertama yang harus dimiliki setiap orang. Mengalahkan kendaraan, computer, telepon seluler, dan micro wave, menurut Lemelson-MIT Invention.

Sumber buku: pratiwi, D. 2007. Gigi Sehat. Kompas. Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar